Membentuk Kesalehan Anak Sejak Dini

1.Melatih Anak Sejak Dini Untuk Taat Beribadah
Sejak kecil, anak harus dilatih agar terbiasa beribadah, berbuat baik, dan menjauhi kemungkaran. Rasululah saw bersabda: perintahkanlah anak kalian untuk sholat ketika berusia tujuh tahun! Pukullah mereka apabila tidak melaksanakan sholat ketika berusia sepuluh tahun, dan pisahkanlah mereka di tempat tidur. Begituah yang harus dilakukan para orangtua terhadap anak-anak mereka, sekalipun mereka masih belum baligh.

2.Tidak Membebani Anak di Luar Kemampuannya
Sudah sunnatulah apabila kemampuan anak lebih rendah dibanding orang dewasa. Oleh sebab itu orangtua harus memperhatikan kemampuan akal sang buah hati, tidak semua perilaku anak harus ditegur. Memang ada perilaku yang harus ditegur secara tegas namun penuh kasih dan sayang sehingga tidak menimbulkan trauma pada diri sang anak.

3.Memberi Semangat Untuk Berbuat Baik
Memberi semangat pada anak dengan cara memberikan pujian yang dapat membangun kepercayaan diri yang baik pada diri sang buah hati, memberikannya hadiah meskipun dalam bentuk apapun sebagai apresiasi atas apa yang telah buah hati usahakan. Semua hal ini mempunyai pengaruh besar atas perkembangannya.

4.Mencintai Anak Secara Adil dan Obyektif
Nabi saw memerintahkan kepada para orangtua untuk adil dalam memberikan hadiah kepada semua anak. Meskipun jumhur ulama berpendapat perintah untuk adil dalam memberikan hadiah hanya anjuran saja. Beberapa ulama ada yang mewajibkan.

5.Memberikan Permainan
Anak boleh bermain dengan permainan yang dibolehkan, Anak dianjurkan bermain dengan mainan yang berguna untuk perkembangan otak dan tubuhnya. Diantara permainan itu adalah latihan memanah, berenang dan naik kuda, jangan sampai anak bermain yang dapat mengganggu orang lain dan pada waktu sholat.

6.Anak Tidak Harus di Pukul
Setiap kondisi tidak dapat disikapi dengan sikap yang sama, begitu juga dengan perilaku anak yang harus dibenahi. Apakah perilaku ini tergolong perilaku yang jelek atau tidak? Apakah si anak sadar bahwa perilaku yang dia lakukan bisa membawa dosa dan bahaya atau tidak? Yang jelas dalam permasalah ini kita harus mengacu pada sabda Nabi saw kelembutan adalah hiasan segala sesuatu. Jika dihilangkan sesuatu itu akan menjadi buruk.

7.Mengajarkan AL-Qur’an dan as Sunnah
AL-Qur’an dan as-Sunnah merupakan ilmu yang paling utama dan amalan yang paling mampu mendekatkan seorang hamba kepada Rabbnya. Ada keutamaan dan pahala yang besar dalam mempelajari ilmu tersebut. Demikianlah yang dianjurkan Allah swt dan Rasulnya. Ajarkan sang buah hati secara intensif namun efektif.

8.Wibawa Orangtua
Di rumah, orangtua harus punya wibawa agar ucapannya diperhatikan dan ditaati. Suami atau ayah adalah pemimpin rumah tangga dan akan dimintai pertanggungjawaban. Begitu juga dengan istri atau Ibu ia merupakan pemimpin rumah tangga dan akan dimintai pertanggungjawaban.

Wibawa dapat diraih melalui berbagai cara diantaranya dengan menjunjung sikap saling menghormati dan menegakkan hukum-hukum Allah SWT di antara suami dan istri.
Atau bisa juga dengan cara mengajarkan Al-Qura'an dan As-sunnah Rasulullah Saw kepada sang buah hati. Khususnya yang berkaitan dengan hak-hak orangtua. Jelaskanlah dengan baik apa hak bapak dan apa hak seorang Ibu. Jelaskan kepada mereka bahwa taat kepada kedua orangtua dalam kebaikan merupakan bentuk ketaatan kepada Allah SWT. Selain itu, hendaknya sebagai orang tua sampaikan kepada sang buah hati tentang keagungan seorang ibu.

Sebagai orangtua harus bertakwa kepada Allah baik dikala sepi maupun ramai. Sesering mungkin mendoakan sang buah hati dengan harapan-harapan yang bisa membahagiakan segala pihak.

Jangan sekali-kali mendoakan hal yang tidak baik untuk anak, karena bisa saja doa yang anda berdua ucapkan bertepatan dengan waktu dikabulkannya doa. Bisa saja anak jatuh sakit karena doa yang kita ucapkan. Jangan sering memekik, mengumpat dan mencela supaya anak anda tidak meniru perilaku tidak baik tersebut. Jangan memperlihatkan perbedaan pendapat di hadapan anak-anak, misalnya seorang ibu memerintahkan anak-anak untuk melakukan sesuatu, namun seorang ayah memerintahkan hal yang sebaliknya, hingga akhirnya anak-anaknya menjadi kebingungan. Sebaiknya sebagai orang tua harus menyatukan pendapat di bawah acuan al-Qur'an dan as-Sunnah, dan bersatulah demi kebaikan anak di dunia dan di akhirat.

9.Etika di Hadapan Orang Yang Lebih Tua
Etika yang sesuai dengan Islam adalah hal yang sangat penting, baik itu kakak sendiri maupun orang lain yang lebih tua. Beritahukanlah hak-hak orang yang lebih tua karena orang yang lebih tua memiliki hak-hak, seperti halnya anak kecil yang harus disayang, orang yang lebih tua usianya harus dihormati.

10.Pisahlah Tempat Tidur Anak-Anak Anda
Rasulullah Saw memerintahkan kepada kita untuk menisahkan tempat tidur anak-anak, khususnya mereka yang sudah mencapai usia remaja dan hampir baligh, Rasulullah Saw brsabda: ''Perintahkanlah anak kalian shalat ketika berusia tujuh tahun, dan pukullah mereka agar sholat pada usia 10 tahun dan pisahkanlah tempat tidur mereka. Memisahkan tempat tidur anak-anak adalah penting selain karena Rasulullah memerintahkan demikian, juga karena dikhawatirkan muncul perilaku-perilaku asusila di antara anak-anak. Tidak menutup kemungkinan ketika anak-anak berada disatu tempat tidur tubuh mereka dan aurat mereka terbuka sehingga muncul pikiran-pikiran yang negatif.

Semoga dari pemaparan saya yang singkat ini ada mamfaatnya bagi kita semua, dan bagi orang tua dapat mengambil pelajaran di setiap gerak langkah dalam mengarungi hidup bersama buah hati. Dan semoga Allah SWT selalu memberi petunjuk dan ketabahan dalam mendidik buah hati, agar nantinya tumbuh menjadi manusia yang berkarakter santun, sholeh dan sholehah amin!.

Kindle Wireless Reading Device, Wi-Fi, 6" Display, Graphite - Latest Generation

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give comments and criticism are best for this blog the better

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...