RUGI BESAR BAGI YANG MENINGGALKAN SHOLAT SUBUH

Subuh adalah waktu yang sangat berharga bagi umat islam. Dimana tempat untuk segera memulai aktifitas baru dan merupakan akhir istirahat untuk segera bangkit mengawali hari dan aktivitas. Udaranya sangat menyegarkan, namun kadang sangat dingin, itulah tantangan bagi umat islam. Sehingga wajar orang - orang diluar islam atau yang berada dipihak musuh tau persis bahwa kemenangan umat islam dapat diukur apabila sholat subuhnya di mesjid sama banyaknya ketika sholat jum'at. Kalau sholat subuh dimesjid dan itu penuh seperti waktu sholat jum'at insyaallah kemenangan pasti dapat diraih. Sepertinya sekarang masih banyak yang merapatkan selimut untuk menambah jam tidur, daripada sholat dimensjid. Tetapi, ternyata di balik rasa berat itu Allah menawarkan kita banyak keutamaan, kebaikan, keberkahan dan pahala sebagai ganti atas kesungguhan kita melawan berbagai kesulitan itu demi menghadap dan mengabdikan diri kepada-Nya.

Siapa yang tidak bersegera melakukannya akan merugi. Berikut kerugian yang bakal menimpa kita bersama dengan kepergian Subuh.

1. Kehilangan Perisai Diri
Allah menjamin tentang hal ini, "Barangsiapa melaksanakan Shalat Subuh, ia berada dalam jaminan Allah. Maka jangan sampai Allah menarik kembali jaminan-Nya dari kalian dengan sebab apapun. Karena siapa yang Allah cabut jaminan-Nya darinya dengan sebab apapun, pasti akan tercabut. Kemudian Allah akan telungkupkan wajahnya dalam neraka jahanam" (HR Ahmad)

2. Hilang Kesempatan Menatap Wajah Allah
Membiarkan shalat Subuh berlalu berarti juga membiarkan satu kesempatan besar merasakan betapa nikmatnya bertemu dan menatap langsung wajah Allah swt di akhirat nanti. Sabda Rasulullah saw, "Sesungguhnya kalian nanti akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini-atau kalian tidak akan kesulitan untuk melihat-Nya. Jika kalian sanggup untuk tidak meninggalkan shalat sebelum terbit matahari dan sebelum tenggelamnya, maka lakukanlah." (Diriwayatkan oleh Jarir bin Abdillah ra)

3. Tidak Mendapatkan Doa Para Malaikat
Menjelang pergantian tugas jaga malaikat siang dan malam, yakni saat shalat Ashar dan shalat Subuh, sesungguhnya para malaikat mendoakan muslim yang sedang shalat. "Ya Allah, ampunilah dia pada hari kiamat." (Diriwayatkan Ibnu Khudzaimah)

4. Luput Dari Mendapatkan Pahala Berlipat
Di antara dua pahala menunaikan shalat Subuh, "Berilah kabar gembira bagi orang-orang yang berjalan di kegelapan malam menuju masjid, bahwa mereka akan mendapatkan cahaya yang sempurna pada hari kiamat." (HR ABU Daud dan Tirmidzi). Padahal kita tahu. Hari kiamat diliputi kegelapan. Karena segala sumber cahaya akan sirna.
Pahala yang lain, "Barangsiapa yang shalat Isya berjamaah maka seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat Subuh berjamaah maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh." (HR Muslim)

5. Terancam Hukuman
Disebutkan dalam satu riwayat, Rasulullah suatu malam diajak berjalan oleh dua malaikat, Jibril dan Mikail. Di tempat tujuan mereka berhenti. Terlihat di depan mereka, seorang lelaki tengah berbaring. Sementara seorang lagi, berdiri membawa batu besar di pundaknya. Lalu batu besar tadi dijatuhkan ke kepala laki-laki yang sedang berbaring tadi hingga pecah kepalanya. Kedua malaikat di akhir hadist tersebut berkata, "Adapun lelaki pertama tadi yang engkau jumpai pecah kepalanya dengan batu besar, ia adalah orang yang telah mengambil Al Quran lalu membuangnya dan ia tidur lelap hingga terlewat shalat fardhu." (HR Bukhari.Nauzubillah min jalik semoga umat islam dapat mengambil pelajaran, bahwa dibalik subuh banyak keutamaan dan hikmah besar yang bisa didapatkan. Wallahua'lam bissawab.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Give comments and criticism are best for this blog the better

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...