Visi
Misi
1. Merapkan
Pendidikan Berbasis Tauhid secara utuh dan komprehensif.
2. Menjadikan
Al-Qur'an sebagai sumber pengetahuan siswa.
3. Mengembangkan karakter siswa berbasis
tauhid.
4. Menerapkan
proses pembelajaran aktif dan menyenangkan
dengan keteladanan.
5. Menerapkan
pembelajaran berbasis IT.
6.
Mengembangkan keterampilan siswa dalam bidang bahasa
(Inggris & Arab).
7.
Mengembangkan keterampilan siswa dalam bidang sains dan
teknologi.
.png)
Profil
Sekolah Islam Terpadu atau disingkat (SIT), berusaha memberikan lingkungan yang beragam yang dapat menumbuhkan kepekaan, kerjasama, toleransi dan rasa saling menyayangi, memberikan lingkungan belajar dimana siswa banyak melakukan penelitian, percobaan, observasi, diskusi, wawancara, presentasi, sehingga mereka dapat menyimpulkan sendiri apa yang telah mereka pelajari dan alami tersebut ( active learning ).
Sekolah Islam
Terpadu (SIT) Hidayatullah, merupakan gambaran global dari visi kami
untuk melahirkan generasi muslim yang cerdas, kreatif, inovatif dan kelak
menjadi pemimpin yang memiliki akhlak serta spiritual yang handal. Dengan memadukan
keunggulan akademik melalui
fenomena alam, sosial dan diri sendiri dengan
metode active learning adalah
dalam rangka mengembangkan tiga karakter dasar yang ada didalam visi SIT HIDAYATULLAH.
Dari beberapa karakter
dasar tersebut yaitu karakter fitrah atau keagamaan, karakter pembelajar atau
pengembangan diri dan karakter
jismiyah atau keterampilan hidup dengan
penguasaan bahasa arab dan inggris tujuannya agar memiliki wawasan global.
Pengembangan
potensi ruhiyah berupa fitrah keagamaan pada siswa sejak dini diperkenalkan
dengan kaidah-kaidah keislaman yang
secara jelas bersumber dari Al Qur’an dan As Sunnah.
Pembelajaran untuk menumbuhkan karakter keagamaan melalui
pengetahuan dan ilmu keagamaan, pengalaman langsung atau pendekatan praktek,
contoh pengalaman dari orang lain, dan keterampilan.
Secara
keilmuan diajarkan tentang arkanul Iman dan Islam serta siroh nabawiyah sebagai
suri tauladan dalam kehidupan. Pembelajaran ibadah ritual dan fiqih ibadah
melalui praktek langsung. Pembelajaran praktek ibadah mengacu pada tanggung
jawab atau keharusan yang mengikat siswa sebagai muslim menjelang aqil baligh
sehingga sampai pada saatnya siswa sudah mendapatkan pengetahuan fiqih ibadah
keseharian serta mampu dan terbiasa melakukannya.
Pembelajaran
Al Qur’an pada tahap awal adalah bertujuan untuk mampu membaca Al Qur’an dengan
baik dan benar serta lancar dan hafal minimal juz ke-30. Sedangkan proses
pembelajaran al Qur’an dilakukan dengan pengontrolan di sekolah maupun di
rumah. Upaya ini untuk membangun pembiasaan membaca Al Qur’an setiap hari.
Cara pandang
keagamaan, spirit keimanan yang melandasi untuk memaknai ilmu umum yang
dipelajari sehingga semakin mengukuhkan keyakinan akan kebesaran Allah SWT.
Pengintegrasian nilai ilmu keagamaan dan ilmu pengetahuan umum merupakan proses
belajar terintegrasi yang dikembangkan di sekolah SIT Hidayatullah.
2. Karakter Pembelajar
Ada dua hal
yang menjadi acuan dalam pembentukan karakter belajar, yaitu menumbuh
kembangkan spirit belajar siswa dan membekali siswa dengan keterampilan
belajar. Dalam menumbuh kembangkan spirit
belajar ada beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai indicator. Diantara
indicator tersebut adalah dorongan rasa ingin tahu, dorongan observasi,
dorongan eksplorasi serta dorongan untuk melakukan demonstrasi dan
eksperimentasi. Spirit belajar inilah yang menumbuhkan kebutuhan belajar
siswa.
Apabila
belajar sudah menjadi sebuah kebutuhan, maka siswa pembelajar akan berupaya
untuk memenuhi kebutuhannya tersebut, baik berupa ilmu, sikap maupun
keterampilan. Adapun keterampilan yang ditumbuhkan adalah senang berbicara,
bercerita, membaca, menulis, berpikir logis, kreatif dan estetis.
3. Karakter Terampil dan Mandiri
Keterampilan hidup sebagai akhir dari seluruh proses pembelajaran memiliki beberapa kompetensi, yakni kepemimpinan, managerial, interpraeneur serta pengembangan bakat dan minat. Serta tidak lupa memberikan ruang gerak terhadap proses pembelajaran yang kondusif bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dengan modal 3 karakter dasar tersebut yang diwujudkan dalam penciptaan program 5 unggulan, yaitu Unggul spiritual, Unggul Kepemimpinan (leadership), Unggul Edukasi, Unggul bilingual dan dasar-dasar IT dan yang terakhir unggul Pelayanan bagi siswa-siswi terlebih khusus untuk anak special (ABK).SIT Hidayatullah, insya Allah menjadi pilihan terpercaya sebagai Sekolah Ramah bagi semua.
Keterampilan hidup sebagai akhir dari seluruh proses pembelajaran memiliki beberapa kompetensi, yakni kepemimpinan, managerial, interpraeneur serta pengembangan bakat dan minat. Serta tidak lupa memberikan ruang gerak terhadap proses pembelajaran yang kondusif bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Dengan modal 3 karakter dasar tersebut yang diwujudkan dalam penciptaan program 5 unggulan, yaitu Unggul spiritual, Unggul Kepemimpinan (leadership), Unggul Edukasi, Unggul bilingual dan dasar-dasar IT dan yang terakhir unggul Pelayanan bagi siswa-siswi terlebih khusus untuk anak special (ABK).SIT Hidayatullah, insya Allah menjadi pilihan terpercaya sebagai Sekolah Ramah bagi semua.
Berdomilisi di daerah karang bugis, Balikpapan, SIT Hidayatullah yang terdiri
dari Kelompok Bermain (KB), Taman Kanak – Kanak (TK A & TK B), Sekolah
Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), berdiri di atas lahan seluas 4
hektar. Di dalam lahan yang cukup luas dan representatif inilah, seluruh kegiatan
belajar mengajar diadakan di ruang kelas dan juga bisa menggunakan ruang yang
terbuka dengan suasana lingkungan yang nyaman dan lengkap, ditunjang dengan
beragam fasilitas mulai dari Mesjid, Lapangan Olahraga, Ruang Serbaguna,
Laboratorium Komputer, Perpustakaan dan Ruang UKS/USA.
Beragam
fasilitas ini masih ditambah dengan pemeriksaan kesehatan yang berkesinambungan
bagi para siswa dan siswi, catering dan antar jemput siswa sampai Ortupedago
bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus (ABK) Plus kegiatan ekstrakurikuler
seperti badminton, bela diri, basket, sepakbola dan komputer. Hal ini menjadi tambahan keunggulan SIT Hidayatullah, yakni unggul fasilitas olahraga bagi siswa-siswi.
Keunggulan
pertama, guna menumbuhkan
nilai-nilai spiritual seperti sholat, berjamaah yaitu program sholat dhuha
berjamaah dikelas sebelum melakukan aktivitas pembelajaran dan ketika aktivitas
pembelajaran berakhir ditutup kembali dengan sholat Dzuhur berjamaah sebagai
program wajib. Dan kegiatan ini setelah makan siang. Program hafalan zus 30
untuk SD, zus 28, 29 dan zus 30 untuk SMP. Program
Infaq mingguan dan Program hari-hari besar keislaman. Dan program ibadah dirumah
dengan mentoring berupa buku lis sholat dan buku penghubung antara guru dan
orang tua. Program ini diciptakan
sebagai bentuk pengawasan ketika
dirumah.
Keunggulan
kedua yakni program kepemimpinan mengintegrasikan
nilai – nilai keislaman dalam seluruh kegiatan pembelajaran diaplikasikan dalam
bentuk mengutamakan keteladan dan
kasih sayang guru sebagai
pemimpin dikelasnya. Serta penjadualan bagi setiap siswa untuk menjadi pemandu
setiap ikrar dan doa, ketika makan, berbaris, masuk wc dan ketika hendak
memulai pelajaran didalam kelas dan yang terakhir menjadi seorang imam ketika
sholat dhuha.
Keunggulan
ketiga unggul Edukasi. Untuk mengantarkan peserta didik lebih kreatif maka
pembelajarannya dalam bentuk Active Learning
dimana pembelajaranya lebih berpusat
pada siswa dengan memberikan
pengalaman langsung pada anak seperti
menghadirkan benda kongkrit/ observasi dilapangan yaitu Project Based Learning, Problem
Solving dan Learning by Doing. Dengan
beragam program yang variatif
juga telah dijalankan untuk mengasah keterampilan siswa siswa/i, seperti Student Camp melalui pramuka, Outbond melalui engglish day, Fieldtrip berkenaan denga tema pembelajaran, Fun
Cooking berkaitan dengan tema
yang sedang dipelajari dan Class
Performance ketika lomba.
Ditambah dengan program ekstrakurikuler 1 kali per-pekan yang beragam sesuai keinginan
siswa-siswi. Dan yang tidak kalah
pentingnya menyajikan konsep dari berbagai mata pelajaran dalam suatu proses
pembelajaran dengan berbasis ketauhidan (Sistematika Nujulnya Wahyu).
Dalam seluruh
aktivitas belajar mengajar, para siswa - siswi dibimbing oleh Tim Pengajar
Sekolah Islam Terpadu Hidayatullah yang
berkepribadian berakhlak, memiliki
dedikasi tinggi pada lembaga, cinta yang
tulus penuh perhatian terhadap anak, serta senantiasa
mendapatkan program pengembangan kompetensi secara berkesinambungan seperti
pembinaan akidah dengan menerapkan pola SNW. Didukung pula oleh tim
konsultan ahli pada setiap bidangnya. Ortupedagog, Psikolog dengan keahlian
memahami karakteristik anak-anak yang berkebutuhan khusus (ABK).
Dengan
beberapa karakter yang tergambar pada Visi yang dikembangan oleh Sekolah Islam
Terpadu Hidayatullah, insyaAllah menjadikan guru-guru yang memiliki kualitas
yang baik untuk tercapainya output pembelajaran, yaitu membentuk anak
yang cerdas, kreatif dan mandiri serta memiliki nilai-nilai spiritual yang kuat
dengan akhlaknya.
SIT Hidayatullah merancang keunggulan ke empat, yaitu Unggul bilingual dan penguasaan dasar-dasar
IT – Kreatif. Untuk membiasakan
para siswa-siswi berbahasa baik anggris dan bahasa arab maka setiap guru wajib
berbahasa inggris baik ketika didalam kelas maupun diluar kelas. Begitupun
untuk guru bahasa arab juga diwajibkan untuk selalu menggunakan bahasa arab
baik dikelas maupun ketika diluar kelas. Dan setiap tahunnya selalu diadakan
event English Day dan Yaumu
Arabiyah. Sedangkan untuk
dapat menguasai dasar-dasar IT SIT Hidayatullah telah menyediakan fasilitas Leb
Komputer baik untuk KBTK, SD maupun SMP sebagai sarana pembelajaran.
Keunggulan kelima adalah Unggul Layanan, dimana SIT Hidayatullah berupaya memberikan pelayanan optimal kepada
siswa/i dan orang tua siswa/I sebagai prioritas utama layanan
sekolah dengan beberapa program, diantaranya ;
Menjadikan
kepuasan siswa dan orang tua siswa sebagai prioritas utama layanan. Melibatkan
orang tua dalam rencana, monitoring dan evaluasi kualitas edukasi.
Memberikan
kemudahan fasilitas pembiayaan sekolah
Memberikan layanan perhatian
perkembangan siswa yang maksimal
melalui program antara lain:
Home Visit
Forum
Silaturahim
Forum
Konsultasi Orang Tua dengan Wali Kelas
Forum
Konseling Orang Tua dengan Ortupedago
(khusus anak ABK)
Forum Kelas (farenting).
Dengan semua program unggulan yang telah ada, sudah menjadi rahasia umum ketika dari
DIKNAS memberikan nilai pada SIT HIDAYATULLAH dengan predikat akreditasi “A
plus”. Dan sangat pantaslah ketika orangtua memberikan apresiasinya, dengan
memberikan harapan yang besar pada lembaga pendidikan ini, terima kasih semua
atas kepercayaan yang telah diberikan, semoga kami dapat menjaga amanah yang
besar ini. SIT HIDAYATULLAH semata-mata ingin membantu para orangtua mengembangkan
secara maksimal potensi setiap anak didik, baik aspek spiritual, intelektual,
fisik, emosi dan sosialnya, untuk menyiapkan mereka kelak menjadi
pribadi-pribadi yang unggul sesuai dengan potensi yang diberikan oleh Allah
SWT. Untuk Informasi lebih lanjut, silahkan menghubungi kami pada alamat
dibawah ini
Sekolah Islam Terpadu Hidayatullah,
(KB-TKIT-SDIT-SMPIT),
Jl. Sultan Alaudin No. 26, Karang Bugis - Balikpapan.
Telp/Fax. (0542) 441930
http://www.luqmanalhakim-bpp.sch.id
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Give comments and criticism are best for this blog the better